Beberapa minggu yang lalu, saya melakukan penelitian terhadap "kepuasan pelanggan" pada pelanggan salah satu peritel buku dan alat tulis terkemuka di Indonesia : Toko Gunung Agung. Penelitian ini hanya sebatas "mini riset" alias riset kecil-kecilan. Kali ini saya ingin berbagi mengenai metode penelitian yang saya lakukan mengingat hasil penelitian saya tidak bisa digeneralisasikan dikarenakan jumlah sample yang tidak memenuhi syarat penelitian yaitu hanya 73 (minimal 100) sample kepada rekan-rekan mahasiswa maupun yang tertarik akan penelitian. Metode analisa data yang digunakan yaitu dengan Analisa Jalur (Path Analysis). Berikut ringkasannya.
Kepuasan
pelanggan akan tercapai jika perusahaan menerapkan kualitas layanan yang baik,
dalam beberapa literatur dekemukakan bahwa kualitas layanan terdiri dari lima
dimensi diantaraya : tangibles (tampilan fisik), reliability (kehandalan),
assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Lebih lanjut
dinyatakan bahwa pelanggan menggunakan kelima dimensi kualitas ini untuk
membentuk penilaiannya terhadap kualitas jasa guna membandingkan harapan dan
persepsinya terhadap layanan (Syafiq & Haryono, 2010).
Sofian (2006) dalam skripsinya menyatakan bahwa konsumen
yang merasa puas terhadap produk atau merek yang dikonsumsi akan membeli ulang
produk tersebut. Pembelian ulang yang terus menerus dari produk atau merek yang
sama akan menunjukkan loyalitas konsumen terhadap merek. Loyalitas konsumen
merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan konsumen dalam menggunakan
fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan (Prasetyaningrum, 2009) .
Dalam penelitian ini, penulis akan menganalisa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y) baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan variabel independen yang terdiri kualitas layanan (X1), kualitas website (X2), dan kepuasan pelanggan (X3). Metode analisa yang digunakan adalah Analisa Jalur dengan tujuan memberikan estimasi terhadap hubungan sebab akibat antara variabel-variabel yang diteliti.
Dalam penelitian ini, penulis akan menganalisa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y) baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan variabel independen yang terdiri kualitas layanan (X1), kualitas website (X2), dan kepuasan pelanggan (X3). Metode analisa yang digunakan adalah Analisa Jalur dengan tujuan memberikan estimasi terhadap hubungan sebab akibat antara variabel-variabel yang diteliti.
Kualitas
Layanan dan Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan
Secara simultan kualitas layanan dan website berpengaruh
positif terhadap kepuasan pelanggan. Besaran pengaruh simultan adalah 0,161
atau dibulatkan menjadi 16% merupakan kontribusi dari variabel kualitas layanan
dan kualitas website terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya 84%
dipengaruhi faktor lain di luar model. Lebih lanjut, pengaruh kausal empiris antara variabel (X1)
kualitas layanan dan (X2) kualitas website ini dapat digambarkan
melalui persamaan sub struktural 1 :
x3 = β x3x1 + β x3x2 + β x3 e1
x3 = β 0,072x1 + β 0,34x2 + β 0,915 e1
Kualitas
Layanan, Kualitas Website, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Pelanggan
Secara simultan, pengaruh X1
X2 dan X3 terhadap Y adalah sebesar 0,47 atau 47%.
Sisanya 53% dipengaruh faktor lain di luar model. Secara langsung kualitas
layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan.
Besaran pengaruh langsung kualitas layanan terhadap kesetiaan pelanggan adalah
sebesar 0,349 atau dibulatkan menjadi 35%. Artinya, tinggi rendahnya kesetiaan
pelanggan mampu dipengaruhi oleh kualitas layanan sebesar 35% sedangkan sisanya
65% dipengaruhi faktor lain di luar model.
Secara langsung kualitas website
berpengaruh positif terhadap kualitas layanan. Besaran pengaruh parsial dan
langsung kualitas website terhadap kesetiaan pelanggan hanya sebesar 0,115 atau
dibulatkan menjadi 12%. Artinya, tinggi rendahnya kesetiaan pelanggan hanya
mampu dipengaruhi oleh kualitas website sebesar 12%, sedangkan sisanya 88%
dijelaskan faktor lain di luar model.
Secara langsung kepuasan pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan. Besaran pengaruh
motivasi terhadap kinerja adalah sebesar 0,375 atau dibulatkan menjadi 38%.
Artinya, tinggi rendahnya kesetiaan pelanggan mampu dipengaruhi oleh kepuasan
pelanggan sebesar 38%, sedangkan sisanya 62% dipengaruhi faktor lain di luar
model. Dari tiga variabel yang digunakan sebagai prediktor kesetiaan pelanggan,
variabel kepuasan pelanggan juga teridentifikasi sebagai variabel terkuat yang
mempengaruhi kesetiaan pelanggan dibanding dua variabel lain yaitu kualitas
layanan dan kualitas website.
Secara keseluruhan, pengaruh-pengaruh
yang dibentuk dari sub struktural 2 dapat digambarkan melalui persamaan
struktural 2 yaitu Y = ρ yX1 + ρ yX1 + ρ yX1 +
e2, atau Y = β 0,349x1 + β 0,115x2 + β 0,375x3
+ 0,728e2.
DOWNLOAD : Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya Terhadap Kesetiaan Pelanggan
REFERENSI
Kheng, L. L., Mahamad, O., & Ramayah, T. (2010).
"The Impact of Service Quality on Customer Loyalty: A Study of Banks in
Penang, Malaysia". International Journal of Marketing Studies Vol 2
, 57-66.
Musanto, T.
(2004). "Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi
Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya". Jurnal Manajemen
& Kewirausahaan Vol 6 , 123-136.
Prasetyaningrum,
I. D. (2009). "Analisa Pengaruh
Pembelajaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dan Loyalitas
Mahasiswa". Semarang: Thesis MM Undip.
Putra, F. T.
(2012). "Analisis Pengaruh
Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan pelanggan terhadap Loyalitas
Pelanggan". Semarang: Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Undip.
Sofian, I.
(2006). "Analisa Tingkat
Kepuasan Pelanggan Dalam Hubungannya Dengan Kualitas Pelayanan Dan Kenaikan
Harga". Bogor: Skripsi Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.
Syafiq, A.,
& Haryono. (2010). "Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan
dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomspeedy dengan Metode Structural
Equation Modeling". Seminar Nasional Manajemen dan Teknologi XI.
Surabaya: Program Studi MMT-ITS.
Yudhy.I, F.,
& Suhendra, S. (2012). "Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Nasabah Kredit (Studi kasus BPR Arthaguna Sejahtera)". Pasca Sarjana
Manajemen Perbankan Gunadarma .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar